Microsoft Word 2007 Ringkasan materi word 2007 untuk siswa smk pgri Pekanbaru
Memulai word 2007
- Klik start
- Klik All Program
- Klik Microsoft Office
- Klik Mcrosoft Word 2007
Mengubah batas pengetikan
Setiap anda akan membuka program Microsoft word atau membuka sebuah dokumen yang baru, word menyediakan suatu tampilan naskah kosong dengan ukuran 8.5 x 11 inci.
Standar batas pengetikan dari ujung halaman ke naskah ,untuk batas atas, bawah dan kanan adalah 1 inci, sedangkan batas kiri adalah 1,25 inci. Langkah untuk mengubahnya sbb:
- Klik tab Page Layout
- Klik margin
- Klik ukuran yang dikehendaki
- Isi nilai batas atas pada kotak isian TOP- LEFT - BOTTOM DAN RIGHT
Pada bagian orientation,pilih potrait - OK
Menentukan ukuran kertas
Untuk memilih ukuran kertras yang akan digunakan agara sesuai dengan print layout yang diinginkan, ikuti langkah sebagai berikut :
- Klik Page layout
- Klik custom margin
- Pilih paper
- Pada paper size pilih ukuran yang dikehendaki
- OK
Mengatur jarak sepasi
Jarak spasi adalah ukuran jarak antar baris tulisan pengetikan. Langkah mengaturnya sebagai beriktu :
- Klik tab Home
- Klik pada bagian Line spacing
- Pilih salah satu ukuran yang diinginkan.
Menyisipkan halaman baru
Langkahnya :
- Klik insert
- Klik page break
MENYISIP GAMBAR DALAM NASKAH
Langkahnya :
- Klik insert
- Klik pilihan clip art
- Klik GO
MENGGUNAKAN FASILITAS MAIL MERGE
1. file master
2. File data
- Buka program Microsoft Office 2007 dengan cra : klik menu start - program - Microsoft Office - Microsoft office word 2007
- Klik Mailings
- Klik Strart Mail Merge dan klik step by step Mail Merge Wizard
- Klik Next : Starting document
- Klik Next : select recipient
- Klik type a new list
- Klik creat
- Klik customize colums
- Hapus nama nama field yang tampil , dengan cara : pilih nama field tsb satu persatu kemudian klik delete. demikian seterusnya sampai nama nama filed tsb terha[us seluruhnya
- klik Add , kemudian tulis nama filed baru yang diinginkan misalnya : Nama ,kemudian OK
- Klik Add , kemudian tulis misalnya : Alamat , kemudian OK
- Klik Add , kemudian tulis fil;ed : Kota
- selesai klik OK akan muncul jendela baru : New Adress list , klik OK
- Tentukan folder tempat penyimpanan file misalnya : my document kemudian tulis nama file yang sesuai dengan dokumen yang kita buat , misalnya : Data Nama Siswa dan Alamat
- Klik OK , kemudian isikan data tsb ( dapat juga diisikan kemudian )
- Klik OK
- Muncul dokumen baru yang masih kosong , lalu tulis surat yang diinginkan misalnya surat undangan rapat .
- Buat seperti contoh berikut :
Kepada yth :
Di
Kota
Dengan hormat ,
Bersama ini kami mengundang saudara untuk hadir pada rapat yang akan kita selengarakan pada ...dst
19. setelah selesai penulisan surat, letakkan pointer /kursor dibawah kata :Kepada yth
lalu klik insert Merge field - pilih Nama- klik insert
letakan kursor di ujung kata DI .. lalu pilih alamat dan klik insert
letakkan kursor di ujung kata : Kota lalu klik insert merge field ,pilih Kota , klik insert
20 untuk melihat hasilnya ; klik Preview Result
Microsoft word
MELAKUKAN PENGOLAHAN DOKUMEN:
1. Memanfaatkan Menu Font/mengubah tanpilan huruf
Merobah warna huruf
· Pilih kata yang akan diwarnai – klik font color –pilih salah satu warna yang diinginkan
v Membuat effect huruf
· Klik font
· Pilih strighthrough untuk membuat garis tengah seperti : font.
· Pilih shadow ,emboss ,Engrafe , Outline .small cap dll
Mengolah table
Membuat Table
Ø Klik tab insert
Ø Klik table
Ø Sorot banyak kolom dan baris yang dikehendaki
Memilih styl pada table
v Sorot table yang akan dipilih sebagai styl
v Klik tanda panah bawah pada bagian table styl
v Pilih salah satu styl
| | | |
| | | |
| | | |
MENGOLAH GRAFIK
v Sorot table yang aka dibuat grafik
v Klik tab insert
v Klik chart
v Pilih salah satu type pada template - OK
v Ganti kata pada series-1,series-2,series-3 ,category -1, category-2,category-3,lalu ketik datanya.
v Tutup lembar kerja excel
Contoh :
MENCETAK AMPLOP DAN LABEL
v KLIK MAILINGS
v KLIK PILIHAN ENVELOPES
v KETIK ALAMAT YANG DITUJU DAN ALAMAT PENGIRIM
v KLIK ADD TO DOCUMENT UNTUK DITAMPILKAN DI DOKUMEN
No comments:
Post a Comment