Monday, March 22, 2010

MICROSOFT WORD 2007

Microsoft Word 2007 Ringkasan materi word 2007 untuk siswa smk pgri Pekanbaru
Memulai word 2007

  • Klik start
  • Klik All Program
  • Klik Microsoft Office
  • Klik Mcrosoft Word 2007

Mengubah batas pengetikan
Setiap anda akan membuka program Microsoft word atau membuka sebuah dokumen yang baru, word menyediakan suatu tampilan naskah kosong dengan ukuran 8.5 x 11 inci.
Standar batas pengetikan dari ujung halaman ke naskah ,untuk batas atas, bawah dan kanan adalah 1 inci, sedangkan batas kiri adalah 1,25 inci. Langkah untuk mengubahnya sbb:

  • Klik tab Page Layout
  • Klik margin
  • Klik ukuran yang dikehendaki
  • Isi nilai batas atas pada kotak isian TOP- LEFT - BOTTOM DAN RIGHT
    Pada bagian orientation,pilih potrait
  • OK

Menentukan ukuran kertas
Untuk memilih ukuran kertras yang akan digunakan agara sesuai dengan print layout yang diinginkan, ikuti langkah sebagai berikut :

  • Klik Page layout
  • Klik custom margin
  • Pilih paper
  • Pada paper size pilih ukuran yang dikehendaki
  • OK

Mengatur jarak sepasi

Jarak spasi adalah ukuran jarak antar baris tulisan pengetikan. Langkah mengaturnya sebagai beriktu :

  • Klik tab Home
  • Klik pada bagian Line spacing
  • Pilih salah satu ukuran yang diinginkan.

Menyisipkan halaman baru

Langkahnya :

  1. Klik insert
  2. Klik page break

MENYISIP GAMBAR DALAM NASKAH

Langkahnya :

  • Klik insert
  • Klik pilihan clip art
  • Klik GO

MENGGUNAKAN FASILITAS MAIL MERGE

Mail Merge membuat surat dalam jumlah yang banyak ,dalam satu format surat.
misalnya kita ingin membuat surat undangan untuk 100 orang. dalam hal ini kita akan menggunakan Mail Merge dengan satu bentuk surat , sementara Nama dan alamat orangnya berbeda beda. Untuk menggunakan Mail merge kita harus mempersiapkan 2 buah file :
1. file master
2. File data

Langkah pembuatannya sebagai berikut

  1. Buka program Microsoft Office 2007 dengan cra : klik menu start - program - Microsoft Office - Microsoft office word 2007
  2. Klik Mailings
  3. Klik Strart Mail Merge dan klik step by step Mail Merge Wizard
  4. Klik Next : Starting document
  5. Klik Next : select recipient
  6. Klik type a new list
  7. Klik creat
  8. Klik customize colums
  9. Hapus nama nama field yang tampil , dengan cara : pilih nama field tsb satu persatu kemudian klik delete. demikian seterusnya sampai nama nama filed tsb terha[us seluruhnya
  10. klik Add , kemudian tulis nama filed baru yang diinginkan misalnya : Nama ,kemudian OK
  11. Klik Add , kemudian tulis misalnya : Alamat , kemudian OK
  12. Klik Add , kemudian tulis fil;ed : Kota
  13. selesai klik OK akan muncul jendela baru : New Adress list , klik OK
  14. Tentukan folder tempat penyimpanan file misalnya : my document kemudian tulis nama file yang sesuai dengan dokumen yang kita buat , misalnya : Data Nama Siswa dan Alamat
  15. Klik OK , kemudian isikan data tsb ( dapat juga diisikan kemudian )
  16. Klik OK
  17. Muncul dokumen baru yang masih kosong , lalu tulis surat yang diinginkan misalnya surat undangan rapat .
  18. Buat seperti contoh berikut :
Pekanbaru , 6 April 2010

Kepada yth :

Di
Kota

Dengan hormat ,
Bersama ini kami mengundang saudara untuk hadir pada rapat yang akan kita selengarakan pada ...dst

19. setelah selesai penulisan surat, letakkan pointer /kursor dibawah kata :Kepada yth
lalu klik insert Merge field - pilih Nama- klik insert
letakan kursor di ujung kata DI .. lalu pilih alamat dan klik insert
letakkan kursor di ujung kata : Kota lalu klik insert merge field ,pilih Kota , klik insert
20 untuk melihat hasilnya ; klik Preview Result




Microsoft word

MELAKUKAN PENGOLAHAN DOKUMEN:

1. Memanfaatkan Menu Font/mengubah tanpilan huruf

Untuk memperbesar atau memperkecil ukuran huruf dapat dilakukan dengan cara memilih kata yang akan diformat,kemudian klik huruf A memperbesar huruf , dan klik A kecil untuk mengecilkan huruf.


Merobah warna huruf

· Pilih kata yang akan diwarnai – klik font color –pilih salah satu warna yang diinginkan

v Membuat effect huruf

· Klik font

· Pilih strighthrough untuk membuat garis tengah seperti : font.

· Pilih shadow ,emboss ,Engrafe , Outline .small cap dll

Mengolah table

Membuat Table

Ø Klik tab insert

Ø Klik table

Ø Sorot banyak kolom dan baris yang dikehendaki

Memilih styl pada table

v Sorot table yang akan dipilih sebagai styl

v Klik tanda panah bawah pada bagian table styl

v Pilih salah satu styl













MENGOLAH GRAFIK

v Sorot table yang aka dibuat grafik

v Klik tab insert

v Klik chart

v Pilih salah satu type pada template - OK

v Ganti kata pada series-1,series-2,series-3 ,category -1, category-2,category-3,lalu ketik datanya.

v Tutup lembar kerja excel

Contoh :




MENCETAK AMPLOP DAN LABEL

v KLIK MAILINGS

v KLIK PILIHAN ENVELOPES

v KETIK ALAMAT YANG DITUJU DAN ALAMAT PENGIRIM

v KLIK ADD TO DOCUMENT UNTUK DITAMPILKAN DI DOKUMEN




Followers